Apakah Manusia Itu Hewan?

Apakah manusia itu hewan

Dalam istilah sehari-hari, manusia didefinisikan sebagai makhluk yang memiliki kecerdasaan dan berakal. Sedangkan istilah hewan (secara awam) merujuk pada semua makhluk hidup selain tumbuhan. Hal ini telah diterima secara umum oleh masyarakat awam, dan digunakan dalam istilah sehari-hari. (Mirisnya, istilah hewan digunakan sebagai penghinaan)

Lalu, apakah ada kaitannya antara kedua istilah tersebut? Jika memang definisi tersebut kurang benar. Maka definisi apa yang valid tentang manusia dan hewan?

Jika kita ingin secara objektif menentukan definisi manusia, maka kita akan merujuk pada definisi manusia versi biologis. Dalam biologi, kita (manusia) diklasifikasikan ke dalam kingdom animalia (hewan). Secara spesifik, kita adalah subspesies Homo sapiens sapiens dari genus Homo yang mencakup manusia purba seperti H. erectus, H. neanderthalensis, H. naledi, dan lainnya.

Secara biologis, bukan hanya kita yang bisa disebut manusia. Namun spesies-spesies purba seperti Homo floresiensis juga bisa disebut manusia, dan memang manusia. Begitu juga dengan taksa kingdom animalia, dalam kingdom ini terdapat karakteristik umum yang dimiliki oleh semua hewan (termasuk kita). Jadi kita adalah hewan (animalia).

Kesimpulan mengenai definisi manusia kembali pada diri Anda sendiri. Namun, sejauh ini definisi biologis dari manusia adalah yang paling valid, dalam arti memiliki banyak bukti dan dapat dipertanggung jawabkan.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »